TOtalan Skripsiku
MODEL LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 2 BAKI
SKRIPSI
Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
Guna Mencapai Derajat
Sarjana S-1
Program Studi Pendidikan Biologi
Disusun Oleh:
AKBAR SUCI ADI
A 420 070 156
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2011
PERSETUJUAN
MODEL LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 2 BAKI
Disusun Oleh:
AKBAR SUCI ADI
A.420 070 156
Disetujui untuk Dipertahankan Dihadapan
Dewan Penguji Skripsi Sarjana S-1
Pembimbing I Pembimbing II
Dra. Suparti, M.Si Drs. Sofyan Anif, M.Si
Tanggal : Tanggal :
PENGESAHAN
MODEL LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 2 BAKI
yang telah dipersiapkan dan disusun oleh:
AKBAR SUCI ADI
A420 070 156
Telah dipertahankan dihadapan Dewan Penguji skripsi Sarjana S-1
pada tanggal : 26 Oktober 2011
dan dinyatakan telah memenuhi syarat
Susunan Dewan Penguji:
1. Dra. Suparti, M.Si ( )
2. Drs. Sofyan Anif, M.Si ( )
3. Dra. Aminah Asngad, M.Si ( )
Surakarta , 26 Oktober 2011
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dekan,
Drs. Sofyan Anif, M.Si
NIK.547
|
Dengan ini, saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pandapat yang pernah ditulis dan diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah dan disebutkan dalam daftar pustaka.
Apabila ternyata kelak dikemudian hari terbukti ada ketidakbenaran dalam pernyataan saya di atas, maka saya akan bertanggung jawab sepenuhnya.
Surakarta, 26 Oktober 2011
AKBAR SUCI ADI A 420 070 156
MOTTO
Segala tindakan harus dimulai dengan:
Bismillahirrohmanirrokhim
(Al Qur’an)
Segalanya akan terasa mudah dengan adanya senyuman dan do’a ibu ayahku untukku
Yang paling menguntungkan bagiku ialah
Bapak ibuku dan kakak adikku serta embahku and friends
Segala yang terbaik dan diinginkan harus diusahakan dengan kesungguhan dan do’a karena rezeki telah ditentukan oleh Allah SWT dan setiap manusia tidak akan menemui ajalnya sebelum semua rezeki yang telah ditetapkan oleh Allah dicukupkan kepadanya
Tidak ada kebahagiaan tanpa ada tindakan, dan segala kebahagiaan butuh tindakan maka lakukan dengan fokus dan bersungguh-sungguh
Rawatlah dengan baik dan hati-hati segala yang dianugerahkan tuhan ‘ALLAH SWT’ kepadamu berupa fisikmu, karena akan sangat menyesal bila segala yang engkau sayangi itu terluka karena dirimu sendiri
Orang yang special akan mendapat rintangan yang special pula
Apapun yang terjadi padamu tetap bersyukurlah,
ALL IS WELL
(akbar suci adi)
Setelah selesai mengerjakan segala sesuatu diakhiri dengan:
Alhamdulillah
Segala puji bagi allah
(AlQur’an)
|
Segala puji hanya untuk Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya, merubah yang tidak mungkin menjadi mungkin, merubah sulit menjadikan mudah. Sujud syukur kepadaMu ya Allah SWT atas kemudahan dan rizkiMU dengan hasil karya kecil ini penulis persembahkan kepada :
Bapak Sularto, Ibu Sri Suyanti, Mbah kakung, Mbah Idhok, Suriani Ika Pujianti, Kusuma Dewi Pujianti, Adisuci Akbar, Nofiq Giri Yogo, Marleni Rias Fitriana Sari, Al Harits Syafe’i, Alyssa Cikal Rambu Anarki, Dwi Prayogi, dan keluarga besar tercinta yang memberikan kasih sayang, nasehat, perhatian, dorongan, materi dan kesabaran serta do’a yang selalu terucap mengalir tiada pernah berhenti untuk penulis sehingga skripsi ini terselesaikan, terima kasihku untukmu.
Sahabat dan temen-temenku (objek Terima kasihku tak terlihatmu dan my platinum) terima kasih dan maaf atas segala yang telah terjadi serta temen-temen biologi ’07 yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu
terima kasih.
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, Hidayah, dan Inayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “MODEL LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 2 BAKI” tanpa halangan yang berarti.
Dalam penulisan dan penyusunan skripsi ini penulis banyak mendapatkan bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1. Dr. Suparti, M.Si selaku pembimbing I yang selalu ikhlas meluangkan waktu dan memberikan bimbingan selama penyusunan skripsi ini.
2. Drs. Sofyan Anif, M.Si selaku Dekan Universitas Muhammadiyah Surakarta serta pembimbing II yang selalu ikhlas meluangkan waktu dan memberikan bimbingan selama penyusunan skripsi ini.
3. Dra. Aminah Asngad, M,Si yang selalu ikhlas meluangkan waktu dan memberikan bimbingan kepada peneliti.
4. Bapak dan Ibu Dosen yang telah memberi arahan ilmu kepada penulis selama mengikuti perkuliahan di program studi Biologi FKIP UMS.
5. Ibu Dra. Eny Widayati, selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Baki yang telah memberikan izin kepada penulis dalam melakukan penelitian.
6. Bapak Hery Sudaryono S, S.Pd, selaku guru mata pelajaran IPA Biologi kelas VII SMP Negeri 2 Baki beserta siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Baki yang telah membantu dan memperlancar penelitian.
7. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah membantu penulis hingga dapat menyelesaikan penyusunan skripsi ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan skripsi ini masih terdapat kekurangan. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca pada umumnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Surakarta, 26 Oktober 2011
AKBAR SUCI ADI
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................... i
HALAMAN PERSETUJUAN........................................................................ ....... ii
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................... iii
HALAMAN PERNYATAAN........................................................................ ...... iv
MOTTO................................................................................................................... v
PERSEMBAHAN........................................................................................... ...... vi
KATA PENGANTAR.......................................................................................... vii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... ix
DAFTAR TABEL............................................................................................ ...... xi
DAFTAR GAMBAR............................................................................................ xii
DAFTAR LAMPIRAN................................................................................... .... xiii
ABSTRAK............................................................................................................ xv
BAB I PENDAHULAUAN
A. Latar Belakang Masalah............................................................................... 1
B. Pembatasan Masalah .................................................................................. 6
C. Perumusan Masalah...................................................................................... 8
D. Tujuan Penelitian.......................................................................................... 8
E. Manfaat Penelitian....................................................................................... 8
F. Kerangka Pemikiran............................................................................. 9
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Belajar dan Pembelajaran........................................................................... 12
B. Pembelajaran Aktif.................................................................................... 14
C. Model Pembelajaran................................................................................... 15
D. Model Pembelajaran Aktif Learning Start with a Question................. ..... 16
E. Hasil belajar.......................................................................................... ..... 17
F. Pengelolaan Lingkungan...................................................................... 20
G. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ........................................................ 24
H. Kajian Penelitian yang Relevan............................................................ 27
I. Hipotesis............................................................................................... 28
BAB III. METODE PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian................................................................... 29
B. Variabel Penelitian.................................................................................... 29
C. Prosedur Penelitian................................................................................... 30
D. Teknik Pengumpulan Data........................................................................ 41
E. Teknik Analisis Data................................................................................. 42
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian......................................................................................... 44
1. Profil Sekolah Tempat Penelitian........................................................ 44
2. Hasil Analisis Validitas daan Reliabilitas Instrumen.......................... 45
B. Hasil Tindakan Kelas................................................................................ 46
C. Pembahasan .............................................................................................. 65
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan......................................................................................... 71
B. Saran………………………………………………………………………………. 72
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
3.1 Langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran..................................... 35
4.1 Hasil analisis validitas dan reliabilitas instrumen......................................... 45
4.2 Pelaksanaan pembelajaran siklus I........................................................... .... 47
4.3 Hasil analisis aspek kognitif siklus I............................................................. 48
4.4 Hasil analisis masing-masing parameter aspek afektif siklus I................ .... 49
4.5 Hasil analisis rerata semua parameter aspek afektif siklus I......................... 50
4.6 Hasil analisis masing-masing parameter aspek psikomotorik siklus I.......... 51
4.7 Hasil analisis rerata kelas semua parameter aspek psikomotorik siklus I.... 52
4.8 Pelaksanaan pembelajaran Siklus II............................................................. 57
4.9 Hasil analisis aspek kognitif siklus II........................................................... 58
4.10 Hasil analisis masing-masing parameter aspek afektif siklus II.................... 59
4.11 Hasil analisis rerata kelas semua parameter aspek afektif siklus II.............. 60
4.12 Hasil analisis masing-masing parameter aspek psikomotorik siklus II......... 61
4.13 Hasil analisis rerata kelas semua parameter aspek psikomotorik siklus II 62
4.14 Rekapitulasi hasil analisis aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.......... 64
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
1. Kerangka pemikiran............................................................................ 11
2. Tahapan tindakan kelas...................................................................... 26
3. Prosedur setiap siklus penelitian tindakan kelas................................. 38
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran Halaman
1. Silabus........................................................................................................ ..... 75
2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran........................................................... ..... 77
3. Materi Kepadatan Populasi Manusia.......................................................... ..... 83
4. Soal Postes siklus I..................................................................................... ..... 86
5. Kunci Jawaban Postes Siklus I............................................................ ....... 88
6. Soal Postes Siklus II........................................................................................ 89
7. Kunci Jawaban Postes Siklus II................................................................. 91
8. Daftar Nama Siswa Kelas VII E .................................................................... 92
9. Format Penilaian Aspek Kognitif.................................................................... 93
10. Format Penilaian Aspek Afektif...................................................................... 94
11. Format Penilaian Aspek Psikomotorik............................................................. 96
12. Daftar Nilai Aspek Kognitif....................................................................... ..... 99
13. Daftar Nilai Aspek Afektif Siklus I........................................................... ... 100
14. Daftar Nilai Aspek Afektif Siklus II.......................................................... ... 101
15. Daftar Nilai Aspek Psikomotorik Siklus I..................................................... 102
16. Daftar Nilai Aspek Psikomotorik Siklus II.................................................... 103
17. Hasil Belajar Aspek Kognitif Siklus I............................................................ 104
18. Hasil Belajar Aspek Kognitif Siklus II.......................................................... 105
19. Hasil Belajar Aspek Afektif Siklus I dan Siklus II........................................ 106
20. Hasil Belajar Aspek Psikomotorik Siklus I dan Siklus II.............................. 112
21. Bank Soal Uji Validitas Kognitif................................................................... 118
22. Kisi-Kisi Soal Aspek Kognitif....................................................................... 126
23. Analisis Validitas dan Realibilitas Instrumen................................................ 127
24. Uji Validitas, Reliabilitas, dan Tingkat Kesukaran Instrumen....................... 136
25. Dokumentasi Pelaksanaan Penelitian............................................................. 137
MODEL LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 2 BAKI
Akbar Suci Adi, A 420 070 156, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 72 halaman
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dengan penerapan model Learning Start with a Question pada siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Baki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif, afektif dan psikomotorik) siswa pada mata pelajaran Biologi pokok bahasan pengelolaan lingkungan. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, metode tes, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar biologi materi pengelolaan lingkungan siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Baki : 1) Hasil aspek kognitif siklus I prosentase ketuntasannya 50% (19 siswa), siklus II prosentase ketuntasannya meningkat sebanyak 42,11% menjadi 92,11% (35 siswa); 2) Hasil aspek afektif siklus I rerata prosentase ketuntasanya 77,63%, siklus II rerata prosentase ketuntasannya meningkat sebanyak 15,14% menjadi 92,77%; 3) Hasil aspek psikomotorik siklus I rerata prosentase ketuntasannya 80,26%, siklus II prosentase ketuntasannya meningkat sebanyak 13,17% menjadi 93,43%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : pembelajaran dengan penerapan model Learning Start with a Question dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA Biologi pokok bahasan pengelolaan lingkungan dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Baki tahun ajaran 2010/2011.
Kata kunci : Learning Start with a Question, Hasil Belajar
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda